Pameran Produk Karya Siswa SMK 2019 di Kab Nganjuk

Dalam rangka Revitalisasi SMK sekaligus menyongsong Revolusi Industri 4.0 Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk menggelar Pameran Produk Karya Siswa SMK 2019 di halaman Pendopo Pemkab Nganjuk pada 12-13 Oktober 2019. Dalam Gelar pameran Produk yang diikuti 52 SMK Negeri/Swasta Se-Kab Nganjuk, ini pun diisi dengan agenda Workshop, Gebyar Kreasi Seni dan Milenial Jobfair 2019.

Gebyar Expo SMK ini digelar sebagai wujud Sinergi antara SMK dengan Pemerintah daerah bahwa SMK merupakan salah satu bagian aset berharga daerah Kabupaten Nganjuk yang diharapkan mampu memberikan sinergi/energi positif dalam upaya Pemkab Nganjuk Nyawiji “Mbangun Deso-Noto Kutho” dengan inovasi-inovasi pengembangan untuk pendukung pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Nganjuk. Acara ini dihadiri langsung dan dibuka oleh Bpk. Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, M.M.,dan dihadiri oleh Direktorat Pembinaan SMK Bidang Sarana Prasarana Bpk. Drs. Haryono, M.M

Hadir mewakili Mendikbud, Bpk. Drs. Haryono, M.M menegaskan bahwa “pameran ini adalah upaya untuk menunjukan kepada publik bahwa SMK siap menjawab tantangan zaman dan berkontribusi untuk peradaban”.  Dalam kegiatan ini, “kita juga menampilkan sekolah-sekolah berprestasi di bidang teknologi sampai dengan pariwisata”, pungkasnya.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab Nganjuk, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Kabupaten Nganjuk, SMK berprestasi hingga dunia usaha dan Industri. Acara Workshop yang digelar di Hall SMK Negeri 1 Nganjuk ber-tema-kan banyak hal terkait dengan pengembangan SMK untuk menunjang dan menyongsong Revolusi Industri 4.0 sedangkan pameran pendidikan berisikan 56 SMK berprestasi dibidang applied science dan UMKM Kab Nganjuk.

52 Sekolah yang hadir, memajangkan hasil karya dan prestasi siswa SMK namun masih banyak sekolah lain yang berprestasi sesuai dengan bidang keahlian tidak hadir karena terkendala tempat yang terbatas. Dari pameran tersebut dapat dilihat beberapa karya seperti robotik, desaign smart school, tourism promotion, 3D Printing dll. Kesemuanya yang ditampilkan telah menuai prestasi masing-masing sekolah yang mengembangkan Teaching Factory dan Rujukan. Diantaranya : SMKN 1 Bagor, SMKN 1 TANJUNGANOM, SMKN 1 Nganjuk, SMKN 1 Kertosono, SMKS PGRI 1 Nganjuk, SMKS PGRI 3 NGANJUK, SMKS AL KHOIRIYAH Baron, SMKS MUHAMMADIYAH 1 PRAMBON, SMKS BAITUL ATIEQ BERBEK sebagai pengembang SMK Rujukan dan Teaching Factory.

Selain itu pula prestasi yang luar biasa dalam pameran ini adalah kemampuan berwirausaha siswa SMK yang harus diapresiasi. Diharapkan kedepan dengan sinergi positif SMK untuk daerah mampu tumbuh pelaku ekonomi kreatif baru dan berkurangnya angka pengangguran di Kabupaten Nganjuk.

https://nganjukkab.go.id/beranda/berita/detail-berita/227/Pameran-Produk-Karya-Siswa-SMK-2019-di-Kab-Nganjuk