LAUNCHING NGANJUK SMART CITY DAN COMMAND CENTER NGANJUK

Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meresmikan pusat pengaduan masyarakat atau Command Center dan aplikasi Nganjuk Smart City, Senin (23/12/2019) di Alun-Alun Kabupaten Nganjuk

Keduanya merupakan gebrakan Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, M.M di bawah pemerintahannya. Yakni memberi kecepatan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. 

Command Center dan aplikasi Nganjuk Smart City di launching langsung oleh Bupati Nganjuk, kedua program baru tersebut merupakan andalan Pemkab Nganjuk

Dalam sambutannya, Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk, mengatakan command center dan aplikasi Nganjuk Smart City akan memberi kemudahan masyarakat. Terutama, dalam pelayanan pemerintahan.

“Masyarakat dapat melaporkan jika mengetahui keadaan darurat. Serta dapat mengetahui berbagai informasi pada aplikasi,” Ujar Mas Novi.

Di samping itu, dikatakan Bupati Novi, tujuan dibukanya Command Center oleh Pemkab Nganjuk sendiri juga dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan. Dengan menggandeng Potensi SMK dalam upaya percepatan Program, Diskominfo-Pemdes bersama SMK Negeri 1 Bagor selaku SMK Rujukan siap mengawal Implementasi Program untuk Masyarakat Nganjuk yang Cerdas

Dengan demikian, masyarakat bisa melihat dan mengawasi serta memberikan masukan terhadap pelayanan dari Pemkab Nganjuk. Termasuk ikut berperan aktif dalam pembangunan sarana dan prasarana untuk rakyat Kabupaten Nganjuk.

Lebih lanjut Mas Novi, mengatakan bahwa di Karesidenan Kediri, baru Kota Angin yang memiliki keduanya. Untuk itu, ia mengajak masyarakat memanfaatkan sebaik mungkin. “Demi kemajuan Nganjuk,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Nganjuk Slamet Basuki, A.P menambahkan, ke depan pihaknya akan mengembangkan command center dan aplikasi Nganjuk Smart City. Misalnya, dengan membentuk smart village. Yakni desa yang sadar akan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Untuk diketahui, peresmian command center dan aplikasi Nganjuk Smart City berlangsung sangat meriah. Selain Bupati, hadir pula Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E,S.H, M.H, MBA, serta jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Nganjuk.

Peresmian ditandai penekanan tombol dan bunyi sirine. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh orang nomor satu di Kota Angin itu. 

Usai seremonial pembukaan, Bupati Novi beserta tamu undangan lantas menuju gedung command center yang berada di utara rumah dinas Wakil Bupati. Di sana, Bupati menunjukkan kinerja command center kepada para tamu undangan yang hadir. Misalnya, memantau CCTV di berbagai sudut Kota Angin. Serta cara kerja pelaporan dari masyarakat hingga tindak lanjut yang dilakukan.

Layanan Darurat Command Center, meliputi Darurat Kesehatan (PSC 119 Dinkes), Kebakaran (Damkar Satpol PP), Kebencanaan (BPBD), Kerusakan PJU dan APILL (Dishub), Permasalahan Sosial (Dinsos PPPA), dan Kerusakan Jalan dan Jembatan (URCPJ PUPR). Jika terjadi keadaan darurat bisa menghubungi: 0811 3118 1001. (Hs-Ys,Diskominfo)

tif-dari-pemuda-penggagas/full&view=ok